Ketika Lo Pengen B dan Tuhan kasih Lo O!

Lo pernah pengen sesuatu tapi Tuhan kasih lo yang lain?
Kalau gue pernah.
Cita-cita gue banyak, pengen jadi pilot, pembalap, pesepakbola, sampai pengen jadi seorang Menteri. Ngeri gak tuh? Sekolahlah gue di SMA favorit biar gampang masuk Universitas, dan masuklah gue ke salahsatu Universitas yang cukup bagus dan punya nama di Indonesia, ngambil jurusan Teknik Mesin.
Emak gue agak bingung juga, soalnya gue emang gak begitu pinter sama matematika, tapi matematika di Ujian Nasional gue dapet 10 dong, haha.
Gue juga sempet bingung nentuin dimana gue akan kuliah, gue pernah berpikir bisa kuliah di ITB, tempatnya orang-orang pinter, tapi gue sadar diri otak gue biasa aja sih, ranking paling tinggi di sma kedua, belum pernah jadi juara pertama.
Gue sempet juga mikir kalau gue pengen jadi wartawan, karena gue suka nulis dan kayaknya lingkungannya ‘bebas’, maksud gue bebas berekspresi dan bebas juga dibunuh kalau tulisannya ‘nyentil’ orang, hahaha.
Tapi Tuhan memang belom kasih gue kesempatan buat jadi wartawan karena gue kuliah di jurusan Teknik Mesin. Pelajaran yang bisa gue ambil selama kuliah adalah, “Lo baek, belum tentu orang lain semua baek. Tapi bakal ada orang-orang yang sepandangan sama lo, bahwa lo baek, ya meski agak maksa juga sih”, ya gue paham. Mau tahu cerita gue pas kuliah? Udah pernah gue ceritain di tulisan-tulisan gue sebelumnya. Yang jelas gue bukan akitivis yang penuh dengan rapat, IP gue biasa-biasa aja dan bukan cum laude yang setiap hari belajar, tapi gue rajin, soalnya gue tahu diri kalau gue belum pinter kayak orang-orang yang gak harus belajar tapi dapat A.
Luluslah gue jadi Sarjana Teknik, honestly, pas gue masih kecil gue gak pernah kepikiran di belakang nama gue bakal ada ST nya. Tapi akhirnya gue dapet juga tuh gelar dengan sangat mudah. Mudah? Ya, gue bilang mudah karena gue ngelakuin hal itu dengan ikhlas, jujur banget gue gak sampai gak bisa tidur gegara skripsi, gue santai banget tapi tetap konsentrasi, gue penelitian 2 bulan, ngolah data 2 minggu, revisi dua minggu, sidang satu jam dan gue LULUS. Beruntung? Kagak men, gue paham itu semua hasil gue belajar dan doa dari Emak dan Babeh di rumah.
Nah, masa bingung-bingungnya cari kerja, gue lamar sana-sini, gue juga dipanggil sana-sini, dan tes sana-sini. Gue pengen kerja di perusahaan sebesar ASTRA maka pas gue dapet panggilan di Daihatsu gue mati-matian tuh usahanya, gue inget dari 125 orang yang tes di Bandung yang lolos ke wawancara Cuma 4 orang dan gue salah satunya, gimana ga jiper gue? Semangatlah gue sampek nginep di kosan temen gue dengan alas tidur alakadarnya, dan hasilnya? Tetot, gue gagal. Gue dapet sms seminggu kemudian dan gue Cuma tersenyum aja lihat smsnya, simpel  bukan rezeki gue, gak usah ngotot! Sampai pada akhirnya gue diterima di Kino Indonesia di bidang Human Resource sampai hari ini, baru dua bulan sih.
Apa gue pernah berkhayal buat kerja di Kino? Kagak, tapi Tuhan ngasih gue Kino buat belajar banyak. Disini rezeki gue dan gue harus bangga sama kesempatan sekarang. Soal nyambung gak nyambung, gue pikir tiap orang punya kesempatan yang sama buat belajar banyak hal selama dia hidup di dunia.
Nah, ketika lo pengen A dan Tuhan ngasih lo X, jangan panik dan ngambek-ngambek, Tuhan tau yang terbaik buat lo. Lah, elo cuma manusia bisa apa? Sabar!
Malam ini gue kembali merenung (dasyar melankolis lo vi!), tadi gue ketemu tukang bajay udah tua, wajahnya emang ampuh bikin gue sedih sepanjang jalan menuju kosan, sampek gue tiduran di kosan gue cuma bilang sama diri gue sendiri kalau gue itu arogan sama yang Tuhan kasih ke gue, kadang gue juga lupa gimana cara bersyukur( jangan diturutin). Efeknya gue rungsing seharian, mood gue anjlok sampek titik terendah dan yang gue lakukan hanya diam. Gue diem aja, sesekali gue bicara kalau ditanya aja.
Malam ini gue sadar, bisa aja Tuhan ngasih A sampek Z ke gue tapi gue gak pernah sadar akan hal itu karena fokus gue pengen dapetin A. Gue yang kurang belajar sampek akhirnya kurang ajar. Gue paham sekarang kalau sesuatu apapun itu mesti diperjuangkan, urusan lo dikasih sesuai harapan lo atau engga, semua ada di tangan Tuhan, termasuk siapa suami lo ntar!



Komentar

Postingan Populer