Papuma, Si Cantik Di Jember Selatan ..

Siapa yang tidak suka pantai?
Baru-baru ini aku dibuat takjub oleh sebuah Pantai di kawasan Jawa Timur. pantai tersebut bernama Pantai Tanjung Papuma, tetapi kata 'Papuma' jauh lebih dikenal oleh masyarakat. Karena kecantikannya, Pantai yang berada di Kecamatan Wuluhan, Jember ini menjadi terkenal. Pantai ini berjarak 45 km arah selatan kota Jember. Dari Kota Jember kita membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai di pantai Papuma ini. Sewaktu kesana, kondisi jalan menuju pantai memang masih belum baik. Para pengunjung harus waspada melewati jalur menuju lokasi yang agak curam dengan kondisi jalan yang tidak mulus. Setelah masuk ke gerbang, kita akan disuguhi jalanan yang cukup menanjak lalu menurun. Biasanya monyet-monyet ekor panjang sering menyapa pengunjung yang hendak ke pantai.

Pantai ini cantik karena terdapat karang-karang yang muncul ke permukaan, apalagi jika kita sedikit naik ketas bukit dimana kita dapat melihat kumpulan karang dari atas. Kalau tidak salah nama batu besar yang berada di laut itu ada namanya, -gunung apa gitu- , menurun kepercayaaan masyarakat setempat dipuncaknya terdapat seorang petapa yang sedang bersemedi diatasnya. 

Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga jika Anda berniat untuk berenang benar-benar harus memperhatikan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak yang berwenang. Pihak berwenang juga telah memasang rambu-rambu atau batasan wilayah agar pengunjung tidak berenang di tempat tersebut.
Anak-anak yang sedang menikmati ombak Papuma, dapat dilihat banyak sekali perahu nelayan yang sedang dilabuhkan di Papuma. Deretan perahu tersebut akan membuat gerakan yang indah dan seirama, karena perahu-perahu tersebut dipasang dan bergerak sesuai gerakan ombak.
Sebuah karang yang menjulang tinggi di Papuma, hal tersebut pula yang menyebabkan kecantikan Papuma terkenal di masyarakat.
Logo LAWALATA-IPB yang ada di baju yang kupakai, jadi ingin bernyanyi "Indahnya namamu damaikan hati, gagahnya lambangmu banggakan diri, diperut bumi kau ku genggam erat, dipuncak tertinggi kau kibarkan, didasar lautan kutegakkan namamu disana, Lawalata ...."

 Poto diatas merupakan kenampakan karang-karang dari atas, untuk melihat pemandangan seperti demikian kita harus menaiki sebuh bukit, jangan khawatir karena jalannya sudah rapih sehingga kita tidak terlalu capek untuk sampai diatas. Diatasnya juga terdapat sebuah bangunan yang biasa digunakan sebagai tempat berteduh oleh para pengunjung. Lokasi ini biasanya dijasikan spot yang paling diminati untuk didokumentasikan.
Deburan ombak kembali menegaskanku untuk cepat mengucap syukur, Allah melimpahkan kecantikan bentang alam yang tiada duanya untuk Indonesia. Dari puncak-puncak gunung yang gagah tinggi menjulang sampai pantai-pantai yang cantik yang sulit dilupakan kalau sudah dikunjungi.



Kenampakan karang dari bangunan diatas bukit. Look, bagaimana kita bilang kalau Indonesia tidak cantik?

Komentar

Postingan Populer