Laki-laki, Rembulan dan Danau

Lalu kupalingkan wajah menatap nanar matahari yang hendak pulang ke peraduan dengan teduh. Lalu hiasan-hiasan alam yang baru datang berganti, dari yang berwarna kuning menyala panas berganti menjadi si cantik rembulan yang sendu. Tetapi sendu pun tetap memesona, justru ia tampak anggun dan tersipu malu ketika ada yang mengajaknya tersenyum.

Dan bayangan itu kembali hadir membuat kepala menunduk, seperti ingin menjerumuskan hati yang lemah ke dalam lubang-lubang penantian yang semakin tak pasti. Ada haru bercampur sendu, ada suka bercampur luka yang diterima. Angin sepoy-sepoy yang sengaja mengajak diam, dan kesenduan hati yang memaksa tuk mencari. 

Ah, apalagi kupikir perasaan yang terlalu tidak baik. Terlalu besar untuk sebuah penantian yang tak pasti, yang tak berujung entah sampai kapan akan berakhir. Laki-laki itu tersipu malu ketika wanita yang disayanginya menggoda ia agar menyanyikan puisi sore itu. Semakin perempuan manis itu memaksa laki-laki di depannya membaca puisi, laki-laki itu pun semakin menolak memaksa. 

Ada rasa haru yang tergambar, ketika laki-laki itu memandang sang rembulan dengan perempuan yang tengah menyandarkan kepalanya pada bahu. Aku melihat rasa sayang yang begitu dalam terpancar, namun seketika wajah itu berubah ketika ada seorang laki-laki mengajak wanitanya pergi. 

Laki-laki hitam manis itu kembali murung dan meneteskan air mata. Kupikir lemah sekali seorang laki-laki begitu rapuh karena wanita. Lalu laki-laki itu menatap rembulan yang datang terlalu dini, ia berbisik pada hatinya bahwa jiwanya telah hilang tenggelam di danau itu. 

Berganti laki-laki, aku pun berjalan menyusuri jalanan sepi. Dari sudut yang berbeda aku melihat sosok yang begitu lama bernaung didalam perasaan, aku tampak senang karena aku bulatkan untuk menyapanya. Namun, seketika aku gontai ia telah memegang sebuah tangan yang bercincin. Lalu aku berkata pada diriku sendiri , sungguh lemah pula aku ini seperti laki-laki hitam manis sore tadi yang begitu mencintai rembulan dan danau.

Komentar

Postingan Populer